Kajian Bulughul Maram – Bab Lalat dan Al – Aniyah ( Wadah/Bejana)

Kajian Bulughul Maram, Pertemuan Ke-5

Ustadz Bagus Priyo Sembodo

Masjid Al-Ihsan , Suryodiningratan, Kamis 20/4/2017 Ba’da Isya-Selesai

Ditulis oleh : Novie Najmi

 

Assalaamu’alaikum Wahai hati, apa kabar hari ini ? semoga tetap cerah yaaa.. walaupun dari habis subuh jogja diguyur hujan. Hati tetep cerah dong . Eh nggak tau ding, di belahan jogja yang lain entah hujan apa enggak, yang pasti timoho hujan 🙂 syahdu dan mustajab banget buat berdoa nih hehe. Betewe,  aku mau ngelanjutin kajian bulughul maram pertemuan ke-5 ini..

Lets Ceki..ceki…

# Hadist Tentang Lalat

Apabila jatuh lalat dalam minuman kalian, maka hendaknya kalian tenggelamkan lalat tersebut. Hendaklah dia memungut lalat tersebut dari minuman. Maka sungguh didalam salah satu sayapnya ada penyakit, dan di sayap yang lain , ada obatnya.

 

Masih Berkaitan dengan bab Thaharah nih, ulama mengambil hukum :

  1. Lalat itu tidak najis, baik dalam keadaan hidup ataupun mati, sehingga tidak menajiskan minuman yang dihinggapi
  2. Rasul memberitahu penelitian ilmiah mengkonfirmasi bahwa di dalam tubuh lalat ada penyakit. Dan hadist ini juga memberitahu bahwa di dalam sayap lalat yang lain ada obat. Nah obat yang ada didalam sayap lalat, bisa larut dalam air (cairan).

 

# Tanya : Bagaimana perlakuan pada minuman yang dihinggapi lalat ?

Jawab : (1) Menenggelamkan seluruh tubuh lalat kedalam air tersebut (2) Membuang lalatnya. Dua tindakan tersebut, membuat minuman aman untuk dikonsumsi.

# Tanya : Bagaiamana seandainya lalat tersebut tidak ditenggelamkan?

Jawab : Jika lalat tidak ditenggelamkan, maka minuman tersebut tidak najis, namun terkontaminasi penyakit.

 

# Tanya : Bagaimana  jika lalat itu menghinggapi benda padat ? semisal roti, kue dsb

Jawab : berarti lalat itu menularkan penyakit, caranya adalah dengan membuang bagian yang terkena lalat.

# Hikmah yang bisa diambil adalah :

Jadi nasehatnya adalah : Hendaklah menjaga makanan yah, biar nggak dihinggapi lalat 🙂

 

Hadist Selanjutnya :

# Hadist tentang Pemotongan anggota tubuh hewan yang masih hidup

Contoh :

  • Ada sapi yang dipotong kakinya yang sebelah kanan, kemudian kakinya digoreng atau digulai. Walaupun darahnya mengalir, ini masuk dalam kategori bangkai, karena sapi dipotong pada saat masih hidup.
  • Pengambilan bulu domba yang masih hidup, ini juga masuk kategori haram. Karena pemotongan bagian tubuh hewan halal yang masih hidup masuk kategori bangkai.
  • Bagaimana kalau ikan ? Jika ikan masih hidup, dan dipotong bagian tubuhnya, ini halal.

 

Hadist selanjutnya…

# Hadist Tentang Al- Aniyah (Segala sesuatu yang berhubungan dengan wadah, baik panci, ember, baskom, piring, gelas, dsb..)

Janganlah kalian minum dalam wadah emas dan perak, pada asalnya hukumnya adalah haram. Dan janganlah makan pada piringnya, sesungguhnya wadah yang terbuat dari emas dan perak itu digunakan oleh orang kafir.

 

  • Larangan ini berlaku untuk laki-laki dan perempuan , tak terkecuali. Sedangkan memilikinya tidaklah berdosa.

 

# Hadist selanjutnya…

Orang-orang yang minum di wadah tersebut, hanyalah menuangkan api jahannam kedalam perutnya. Maksudnya adalah Hal ini haram, dan amalan tersebut memasukkannya ke dalam neraka.

 

Penutup :

Hikmah dari pelarangan ini adalah untuk mencegah sikap hidup sombong dan berlebih-lebihan. Nggak kebayang deh kalau ini di halalkan, orang macam kaya raya nggak Cuma makan minum pake wadah emas, bisa-bisa  bikin WC juga pake emas, “Nyoh,, WC ku terbuat dari emas” bhahaha-  bah! Pamer, sombongnya 😀 nah ini nih yang nggak boleh 🙂

 

Jazakumullah khairan Katsir

Sudah membaca, mohon koreksi jika ada kesalahan penulisan 🙂

 

Yogyakarta, 21 April 2017

Alfaqir Ila Allah

Novie

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s