Untuk Sista yang Masih Single, Apa salahnya membaca ini :)

Kala itu aku menginap di rumah seorang teman. Sebenarnya dia sudah menikah, tapi Alhamdulillah suaminya lagi pulang kampung. Dan kebetulan minta ditemenin tidur.

Kemudian kita banyak mengobrol banyak hal. Hal yang paling jelas kentara adalah aku melihat dia ada banyak perubahan setelah menikah semakin dewasa. Walopun baru seumur jagung, aku banyak dapat nasehat darinya, kita beda umur, dia lebih muda, tapi aku akui dia adalah guru, karena pada dasarnya dia yang terlebih dahulu memulai pernikahan dan sudah pasti berpengalaman.

Yang aku tidak sangka adalah ketika ia mengatakan begini “ Nov, dalam urusan cinta aku memandang hal-hal yang realistis yang bisa aku ambil.” | Contohnya? | Dulu sebelum aku menikah dengan suamiku, aku mencintai oranglain, bukan si mas yang aku pengini jadi suamiku, tapi orang lain, aku suka si A, dia juga suka aku. Kisah kita panjang, sampai oranglain pun mengira aku akan dengan dia.

Sampai pada akhirnya disebuah kejadian aku menyadari banyak hal, aku memang mencintai dia, tapi aku sadar, bahwa cinta saja tidak cukup untuk membangun rumah tangga yang pada akhirnya tujuan kita adalah ke syurga, aku tidak melihat itu pada laki-laki itu. laki-laki yang aku cintai, entah kenapa dibenakku aku tidak meyakininnya.

Perlahan Allah tunjukkan jalannya. Dihatiku mulai bertanya, jangan-jangan selama ini aku salah mencintai orang, aku mulai berpikir realistis, bahwa seorang wanita juga membutuhkan laki-laki yang bisa membimbing istrinya, memiliki visi misi tentang masa depan, bukan laki-laki yang hanya mengumbar cinta saja.

Lalu aku memutuskan untuk melupakannya. Dan Allah hadirkan gantinya, suamiku yang sekarang ini. Ini ceritanya panjang lagi klao diceritain, tapi aku Cuma mau bilang bahwa ketika aku menikah dengan suamiku, cinta itu belum ada 100% nov, mungkin banyak orang diluar sana menikah karena cinta, tapi cinta yang sebenarnya adalah cinta yang dibangun setelah kita menikah. Aku bersyukur karena aku menikah dengan dia. Bukan si A. dan ada sesuatu yang ingin aku kasih tau sama kamu nov. | Apa ? | jadi gini, sebenarnya urusan cinta perempuan itu simple, berbeda dengan laki-laki? |  Maksudnya? | maksudnya adalah, ketika seorang wanita menikah dengan laki-laki ang tidak ia cintai, tetapi laki-laki itu sholih, agama, akhlaq baik, banyak bangetlah kebaikannya, cara memperlakukan istrinya baik. nah disaat itu perempuan akan mudah tumbuh benih-benih cinta, Allah yang akan kasih cinta itu didalam hatinya.

Jadi jangan khawatir. Mana ada perempuan yang nggak luluh, punya suami yang baiknya minta ampun, Cuma yang jadi suami mesti sabar banget. Dan aku pernah punya pengalaman, sampai aku nangis karena suamiku sangkin baiknya , Ya Allah nikmatMu yang mana yang aku dustakan. Aku nangis, karena aku ngerasa bersalah akan suatu hal. | Oh gitu yahhh..| Tapi, jika seorang wanita yang porsi cintanya leih banyak daripada suaminya, ini yang gawat.. si wanita akan banyak berkorban untuknya, suaminya tidak memuliakannya dengan baik. karena antara laki-laki dengan wanita itu berbeda. Laki-laki cenderung menggunakan logikanya. Jadi ketika menikah, jika ia tidak mencintai wanitanya, proses mencintainya itu lamaaaaaa.. apalagi klo pas nikah, si wanita yang cenderung mengejar-ngejar laki-lakinya. Apalagi kalo akhlaq, agama, nggak baik. wanita akan banyak disakitinya. Jadi saranku nih, kalo memilih pasangan yang realistis aja, bolehlah kita pake standar, tapi coba diukur atas kemampuan kita dalam menggapai itu. apa kita mampu? Yang terpenting dahulu adalah  “ ada orang yang mau sama kita.”

Kalo orang itu baik, agama akhlaknya, kalo sama ibunya sayang, bisa dipastikan ia akan memuliakan istrinya.

==========

Betewe terimakasih banget kamu sudah berbagi, setidaknya ini pelajaran yang bagus untuk kedepan yah hehe

Yogyakarta, 31 Januari 2016

Gerimis Senja Grhatama Pustaka

Leave a Reply

