Cerita tentang Ustad yang Tawadhu

Tadi sore di sebuah perjalanan pulang dari rapat pengurus, salah seorang dari kami menceritakan sebuah kisah seorang ustad yang masya Allah, terkenal dengan ketawadhu-an, kesabarannya dan kehalusan budi pekertinya.

ceritanya seperti ini, beliau ini diundang sebagai penceramah dalam walimatul ursy. shohibul hajat sudah mempersilahkan beliau untuk makan di tempat yang telah disediakan, namun salah satu panitia WO dari si empunya hajat, tidak mengenali beliau, dan mengatakan “maaf pak, tempat makan disini hanya untuk keluarga” ustad yang sudah berdiri mengambil makanan, akhirnya menjawab “oh begitu ya 🙂 , maaf ya, kalo begitu saya salah tempat.”
si jamaah yang mengenali beliau, nggak terima karena ustadnya diperlakukan seperti itu, “kenapa sih ustad nggak ngomong kalo ustad itu penceramah yang mengisi acara walimah, dan ustad ini terkenal di jogja loh, masa dia kayak gitu.” sang ustad menjawab : “buat apa saya ngomong kalo saya ustad, kalo saya penceramah, nanti juga dia akan tahu. nggak dibolehin makan juga nggak papa 🙂 yang penting kan sekarang masih bisa hidup.”

Sore ini saya diingatkan kembali oleh seorang teman yang mengutip sebuah HR bukhari dan Muslim, ““Barangsiapa yang Allah kehendaki baginya kebaikan maka Dia akan memahamkan baginya agama (Islam).”

ini mengingatkan kembali, idealnya semakin tinggi ilmu seseorang, maka wajarlah semakin bijak ia, semakin dewasa ia, semakin adabnya baik, semakin akhlaknya juga baik.
bukan sebaliknya, merasa paling hebat, merasa paling tinggi dan merasa bisa segala-segalanya.

lalu saya berpikir, ustad yang sudah terkenal track record nya saja, bisa tidak dikenal oleh orang, apalagi saya yang remahan biskuit ini.. belajar lagi, terus belajar lagi, bahwa hidup harus tetap tawadhu, jangan sombong, jangan merasa paling pintar, paling paling paling …. dan paling……

dan sampai pada saya berpikir dalam, bagaimana pandangan Allah tentang diri saya yah, ya Allah, pengin nangis rasanya tadi sore. T_T

 

Yogyakarta, 29 November 2016

Pukul 22.00 WIB

 

Leave a Reply

