Menyikapi Fenomena NGIDAM di Kalangan Bumil

Memang di dalam psikologi, perkembangan masa mengandung mempunyai arti emosional yang sangat dalam bagi sang ibu. Terkadang dalam masa hamil sang ibu banyak bertindak diluar kebiasaan sehari-hari, seperti ingin memakan yang asam-asam, ingin dibelikan mainan anak-anak. Ingin beli ini dan itu berharap agar suaminya menurutinya. Itulah yang dinamakan ngidam atau nyidam. Bahkan menurut seorang psikolog mengatakan bahwa tingkah wanita tersebut adalah normal.

Hal ini disebabkan karena hormon-hormon yang tidak seimbang pada wanita hamil mengakibatkan kepribadiannya tidak seimbang. Itupun tergantung pada kedewasaan wanita tersebut. Maka bagi wanita yang telah dewasa , dia bisa menekan perasaan dan tingkah lakunya yang aneh-aneh itu.

Saya pernah sharing-sharing dengan seorang ibu, waktu itu pembahasannya tentang masa mengandung, nah ibu tersebut berbicara mengenai masa kehamilannya dan masa batita anaknya.

Memang benar bahwasannya kedewasaan dan kepribadian seorang ibu sangat penting dalam menghadapi masa tersebut, waktu beliau mengandung, Alhamdulillah nggak pernah minta yang aneh-aneh pada suaminya. Kata beliau : “Kalo ada orang bilang, orang hamil itu harus dituruti permintaannya, kalo enggak anaknya bakal ngecesan, itu tuh hanya masalah sugesti aja sih, gimana anaknya nggak ngecesan kalo setiap permintaan yang tidak diturutin dia ngomong “nanti anak kita ngecesan loh kalo nggak dituruti”

Nah loh…si ibu secara tidak sadar (belum lahir aja sudah didoain anaknya ngecesan).

Nah sangat penting sekali bagi ibu-ibu yang sedang mengandung, dan tentunya ayah juga, untuk membaca buku-buku parenting yang isinya sangat bermanfaat. Buat nambah-nambah referensi bacaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s