Kebiasaan Yang Bertransformasi Membentuk Karakter

Seorang filsuf kenamaan , Charles Reade berkata : “Sow a thought and you reap a habit and you reap a character, sow a character and you reap a destiny.”

Saya masih ingat sekali, kalimat ini  persis seperti isi dalam ceramahnya ustadz masykur kemarin pas di taraweh masjid Almunawwaroh Yogyakarta. Beliau mengatakan seperti ini, hanya saja menggunakan versi bahasa Indonesia, nah kalimat ini saya temukan pada bukunya pak umar hasyim, cetakan pertama 1983, bukunya sudah tua memang, tapi isi tentang parentingnya bagus. Baru ini saya menemukan buku dari perpustakaan UIN Sunan Kalijaga tanpa identitas atau biodata penulis. Umar hasyim itu siapa yaa ?

-_- lupakan pertanyaan sayaaaaa!

Intinya dari kalimat filsuf diatas adalah : Bila kita telah yakin akan sesuatu pandangan atau pikiran, tanamkanlah buah pikiran itu dalam suatu perbuatan, nanti kita akan menuai hasil bernama tingkah laku, dengan tingkah laku itu nanti akan menjadi sebuah kebiasaan, hingga akhirnya menjadi sebuah karakter diri kita. Dan akhirnya mendapatkan nasib (akibat baik atau buruk).

Jelasnya, perbuatan yang sering diulang-ulang tentulah jadi sebuah kebiasaan. Karena barangsiapa yang membiasakan sesuatu di waktu mudanya, maka di waktu tua hal itu akan menjadi kebiasaannya pula.

Yogyakarta, ditulis dan Di edit Kembali pada 14 Oktober 2015

Novie Suciati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s