Berdakwah Renyah Tanpa Nyerah

Berdakwah itu tidak harus di masjid atau tempat khusus, kadang pas kita nongkrong2 santai juga bisa, pas lagi makan bareng2, pas lagi suasana hening.

Berdakwah juga nggak harus ngeshare konten yang berat, disesuaikan dengan orangnya juga, kira2 dia mampu tidak mnyesuaikan materi yang kita sampaikan, nyampe nggak cara berpikirnya? jangan sampe udah ngomong berat, yg diajak bicara nggak nyambung. hhihi… sesuaikan kadar pengetahuannya.

Berdakwah dengan teman2 yg masih awam, juga bisa dikemas dengan cerita-cerita ringan yang menarik, misal cerita ttg kesulitan hidup dan kesalahan masa lalu dengan mengisahkan nabi musa as, yang kemudian ia menikah dengan wanita yg telah ditolongnya dalam mmberi minum di danau hewan ternaknya, bisa juga bercerita ttg kisah cinta fatimah azzahra dengan ali bin abi thalib, atau bisa jadi menceritakan dajjal yang blm diketahui teman-teman kita, atau bisa juga bercerita pentingnya membaca surat al kahfi di hari jumat, cerita apa saja bisa, dg kesan tdk menggurui, kmudian kita bisa melemparkan tanya, dan kmudian jawab, saling berdiskusi.

atau bisa jadi hal ringan yang misal anak-anak kos cewek lain nggak nglakuin, contohnya ngajak sholat jamaah bareng, kamu maju jadi imam, kemudian habis itu kamu mengkaji sesuatu dan sharing-sharing. kan asyik, habis itu sambil makan, untuk awal-awal jangan berat-berat dulu lah, yang penting temanmu mau diajak.
yang cowok juga bisa nglakuin hal yang sama kpd temen cowoknya, misal temanmu mau ngapel ke pacarnya, terus kamu ajak dateng “ke kajian aja yuk, sekali ini aja deh, kamu kan blm pnh jalan bareng sama aku.” hihi
hanya contoh.

kalo bisa manis kenapa mesti mengajak dengan cara “merendahkan org lain dengan merasa diri paling benar?”
siapa tahu dengan perlahan orang akan terketuk pintu hatinya untuk berubah. bukankah itu bagian dari merealisasikan hidayah ilmu untuk orang lain ? kalo belum bisa dapet hidayah taufiq, nggak papa, manusia yang berusaha, Allah yang mmberikan hasilnya.

dakwah disesuaikan dengan kapasitas keilmuan kita. ok… kamu bisa ngelakuin sesuatu yang baik, walau sebiji zarrah, Allah pasti akan balas kebaikanmu dengan kebaikanNya.

“Selalu semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik . ingat ! hanya orang-orang yang meniatkan sesuatu karena (Allah), ia tidak akan pernah menyerah dengan penolakan oranglain, karena ia tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan diterima oleh Allah, sehingga ia terus berlomba-lomba dalam kebaikan.”

Salam Semangat ^_^

Yogyakarta, 12 oktober 2015
Novie Suciati

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s